BIP 2020

Bantuan Insentif Pemerintah
Tahun 2020
Kemenparekraf / Baparekraf
Deputi Bidang Industri dan Investasi
Direktorat Akses Pembiayaan

FAQ

Pastikan sebelumnya anda sudah membaca dan mempelajari Petunjuk Teknis (JUKNIS) BIP 2020 untuk mengetahui detail kriteria, persyaratan, tahapan, dan hal-hal lainnya mengenai program Bantuan Insentif Pemerintah (BIP). Juknis dapat didownload pada website ini. Hindari untuk menanyakan hal-hal yang sudah dijelaskan dalam juknis tersebut. Penjelasan pada halaman FAQ (frequently asked question) ini hanya berusaha memperjelas lebih jauh atas beberapa hal yang sering ditanyakan. FAQ ini tidak menggantikan penjelasan juknis. Layanan livechat BIP disediakan dari pk 08:00 – 22.00 setiap hari termasuk weekend.

Bantuan Insentif Pemerintah atau selanjutnya dapat disingkat menjadi BIP, adalah jenis Bantuan yang memiliki karakteristik Bantuan Pemerintah oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam bentuk dana untuk penambahan modal kerja dan/atau investasi aktiva tetap dalam rangka meningkatkan kapasitas usaha/produksi pelaku usaha ekonomi kreatif dan pariwisata
Bantuan bersifat hibah, bukan pinjaman, namun penerima bertanggung jawab untuk menggunakan dana yang diberikan secara benar, bertanggung jawab dan sesuai dengan persetujuan yang diberikan oleh kurator, selain itu bersedia untuk memberikan laporan secara berkala dan laporan manfaat atau dampak dari pemberian bantuan selama 5 tahun ke depan.
Program BIP bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan pelaku usaha Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam hal penambahan modal kerja dan/atau aktiva tetap, untuk itu diwajibkan pelaku usaha telah memiliki usaha yang telah berjalan, sesuai secara legalitas dalam bentuk badan usaha, dan memiliki pencatatan yang jelas, dan dapat berkontribusi kembali kepada negara melalui pembayaran pajak. Selain itu dana bantuan akan ditransfer ke rekening badan usaha, tidak dapat ditransfer ke perorangan

Agar dipilih berdasarkan jenis badan usaha anda :

  • badan usaha berbadan hukum (PT, Koperasi, yayasan dengan kegiatan usaha, dll) dapat mendaftar ke kategori reguler
  • badan usaha belum berbadan hukum (CV, Firma, UD, dll) dapat mendaftar ke kategori afirmatif
Bisa dicari/dipelajari syarat maupun langkah-langkah untuk membuat kelegkapan legalitas resmi sebagai badan usaha ke Kantor Dinas Perdagangan atau Kantor Pelayanan Perizinan setempat
Yaitu 13 jenis usaha pariwisata sesuai dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan, yang berada di lokasi desa wisata, atau kegiatan usahanya berada di desa wisata. Syarat untuk membuktikan lokasi desa wisata antara lain memiliki surat rekomendasi/pernyataan oleh kepala desa atau pemerintah daerah setempat, atau memiliki Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) atau Koperasi/Yayasan/BUMDes aktif (dibuktikan dengan AD/ART yang jelas), atau telah memiliki Peraturan Daerah (PERDA) setempat yang mengatur tentang desa wisata tersebut.
TIDAK, khusus untuk usaha Homestay, lokasi usaha homestay tidak harus berada di desa wisata.
Program BIP 2020 terbuka untuk 6 subsektor kreatif (aplikasi digital dan pengembangan permainan, fesyen, kriya, kuliner, dan film) dan sektor pariwisata (dikhususkan bagi homestay dan 13 jenis usaha pariwisata yang berada di lokasi di desa wisata) Pilih subsektor yang sesuai dengan badan usaha anda, baik produk maupun jenis kegiatannya. Sebagai contoh, jika sebuah perusahaan berkecimpung di bidang membuat mobile apps atau sistem aplikasi pencatat pesanan untuk rumah makan, maka masuk ke dalam subsektor aplikasi digital, bukan kuliner.
Untuk detail kriteria, langkah, tahapan, syarat, dan lain-lainnya mengenai program BIP dapat dilihat telah dijelaskan dengan lengkap pada Petunjuk Teknis (Juknis) yang bisa diunduh pada website, Silahkan dibaca dan dipelajari.
Pertama-tama periksa koneksi jaringan / bandwith anda apakah stabil/ada gangguan, jika koneksi normal dan stabil, lalu Kemungkinan terjadi karena server overload, traffic internet sedang padat sehingga koneksi terputus, dan lain-lain. Dianjurkan mengakses melalui PC/Laptop. Tidak lupa juga hindari memakai perangkat yang terinfeksi Malware, karena akan ditolak oleh security di sistem.
Pastikan selalu klik tombol [submit] atau [update] setiap kali selesai merubah atau mengupload data. Jika ini terjadi menjelang penutupan, itu mungkin saja terjadi karena server sdang overload. Sebaiknya melakukan isian data maupun upload file anda sedikit demi sedikit. Hindari mengupload serentak file dalam jumlah banyak untuk menghindari risiko.
Hal tersebut dinilai sebagai cara praktis untuk memvalidasi calon pendaftar
Operator Live chat mungkin sedang sibuk, dan memerlukan waktu untuk menjawab setiap pesan yang masuk. usahakan juga telah membaca FAQ dan mempelajari Petunjuk Teknis secara seksama untuk menghindari pertanyaan yang mungkin telah terjawab disana.
Bagikan info ini
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Direktorat Akses Pembiayaan, Deputi Bidang Industri dan Investasi
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Republik Indonesia